Selamat Datang di Portal Sekolah

HEBAT! SISWA SD PATI MENYULAP PELEPAH PISANG MENJADI SANDAL

MuriaNewsCom, Pati – Pelepah pisang yang biasanya dibuang di pekarangan rumah sebagai sampah organik ternyata dimanfaatkan jadi barang laik pakai. Di SD Negeri Slungkep 02 Kayen, Pati, misalnya. Sejumlah siswa memanfaatkan pelepah pisang yang sudah dikeringkan untuk dijadikan sandal cantik. Hasilnya pun istimewa. Dari sandal itu muncul kesan klasik, tradisional, dan naturalnya. 

Kepala SDN Slungkep 02, Subadi kepada MuriaNewsCom, Kamis (7/4/2016) mengatakan, ide itu bermula ketika sejumlah siswa mulai berpikir untuk memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar sekolah dan desanya. Banyaknya batang pisang yang dibuang usai dipanen. Itu membuatnya berpikir keras untuk memanfaatkan. 

“Batang pisang biasanya dibuang setelah buahnya dipanen. Sejumlah siswa yang dibantu guru kemudian menemukan ide untuk memanfaatkan batang pisang dengan mengambil pelepahnya. Ide pertama yang muncul adalah sandal,” ujar Subadi. Hal itu diamini Andra Putra Armawan (13), salah satu siswa yang ikut membuat kerajinan unik tersebut. 

“Daripada pelepah pisang dibuang jadi sampah, kita manfaatkan untuk dijadikan kerajinan,” kata Andra. Ke depan, ia bersama dengan teman-temannya mencoba memanfaatkan pelepah pisang untuk dijadikan barang kerajinan menarik lainnya. Kendati bahannya tidak begitu awet, tetapi sandal cantik dari pelepah pisang itu bisa dipakai cukup lama. Menarik, bukan? 

- See more at: http://www.murianews.com/2016/04/07/78178/hebat-siswa-sd-di-pati-sulap-pelepah-pisang-jadi-sandal-cantik.html#sthash.qZ8yNd4d.dpuf
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. MA ASSALAMAH PATI - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger