Selamat Datang di Portal Sekolah

DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF KARYA TULIS BAGI GURU MADRASAH

Pati Kab - Guru adalah jabatan profesi sehingga seorang guru harus mampu melaksanakan tugasnya secara profesional. Seseorang dianggap profesional apabila mampu mengerjakan tugasnya dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, independen (bebas dari tekanan pihak luar),  cepat (produktif), tepat (efektif), efisien dan inovatif serta didasarkan pada prinsip-prinsip pelayanan prima yang didasarkan pada unsur-unsur ilmu atau teori yang sistematis, kewenangan profesional, pengakuan masyarakat, dan kode etik yang regulatif.

Kegiatan Diklat Teknis yang dilaksanakan Jumat (11/3) ini dibuka oleh Bapak Kankemenag kab. Pati, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.Si didampingi Ka. Sub Bag TU beserta perwakilan dari Balai Diklat Keagamaan Semarang oleh Ka. Sub Bag TU Balai Diklat Bapak H. Maskuri, M.Pd beserta Widyaiswara Dr. Hj. Siti Rokhanah, M.Ag dan Dra Hj. Ngamilah, M.Si, dalam sambutan pembukaan Bapak Ka. Sub. Bag menjelaskan tentang Karya tulis Ilmiah yang merupakan laporan tertulis tentang (hasil) kegiatan ilmiah. Tulisan ilmiah adalah tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, atau penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (keilmiahannya). Dengan demikian, suatu tulisan disebut karya tulis ilmiah bila memenuhi persyaratan: (1) isi kajiannya berada pada lingkup pengetahuan ilmiah, (2) langkah pengerjaannya dijiwai atau menggunakan metode ilmiah, dan (3) sosok tampilannya sesuai dan memenuhi syarat sebagai suatu sosok keilmuan.

Dengan diadakannya Diklat ini diharapkan ada kemauan dari guru madrasah untuk membuat karya tulis ilmiah walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki, para guru selama ini cenderung jauh dari dunia penelitian. Tidak kondusifnya iklim sekolah untuk menjadikan guru sebagai peneliti bisa jadi merupakan faktor utama yang menyebabkan realitas seperti ini. Semoga dengan kegiatan Diklat ini banyak membantu dan membuka pola pikir tentang membuat karya tulis ilmiah.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. MA ASSALAMAH PATI - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger